| Oleh: A.S. Laksana | Ada banyak cara menginduksi trance. Yang jelas, anda perlu membuat pasien anda nyaman sehingga proses induksi bisa be...

Teknik Efektif Induksi Trance

4:55 PM A.S. Laksana 0 Comments

| Oleh: A.S. Laksana |

Ada banyak cara menginduksi trance. Yang jelas, anda perlu membuat pasien anda nyaman sehingga proses induksi bisa berjalan memuaskan bagi kedua belah pihak, yakni hipnotis dan subjek atau klien atau pasien.

1. Arahkan perhatian subjek pada satu gagasan tertentu. Prinsip utama hipnosis adalah anda membuat perhatian subjek terpusat.

2. Bawa subjek kepada pengalaman-pengalaman mereka sendiri. Misalnya, anda bisa mensugesti hand levitation kepada subjek dan membuat mereka memperhatikan bahwa tangan kanan terasa ringan dan tangan kiri terasa berat, dan tangan yang terasa ringan akan mengambang pelan-pelan semakin tinggi sementara pada saat yang sama tangan yang terasa berat akan menekan paha. Anda bisa membuat mereka menutup mata pelan-pelan dan dengan sendirinya. (Baca: Memanfaatkan Aktivitas Ideomotor)

3. Bimbing subjek memperhatikan proses-proses yang berlangsung dalam diri mereka. Jadi anda bisa menginduksi trance dengan mengarahkan perhatian subjek kepada proses, kepada ingatan, kepada gagasan, kepada konsep yang mereka miliki. Proses ini akan mempersempit perhatian subjek, dan memisahkan mereka dari situasi eksternal. Pada saat ini anda bisa meminta subjek mengabaikan apa saja kecuali suara anda. Bahkan anda juga bisa meminta mereka tidak mendengarkan suara anda, “Sebab bawah sadar anda bisa menangkapnya.”

4. Pahami kebutuhan subjek. Anda tahu, ada tahapan-tahapan perilaku trance yang berbeda-beda. Ini sejalan dengan kebutuhan subjek itu sendiri menurut situasi. Trance ringan, trance medium, trance mendalam bisa diinduksikan. Anda harus membedakan trance menurut kebutuhan subjek. (Baca: Orientasi Hipnotis pada Kebutuhan Subjek)

5. Pastikan bahwa subjek menerima sugesti anda sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya. Dalam induksi trance, kita menyampaikan sugesti-sugesti dan mula-mula dalam bentuk sugesti tak langsung. Anda semestinya menghindari sebisa mungkin tindakan mendikte pasien anda. Jika anda ingin menggunakan hipnosis dengan hasil memuaskan, anda perlu menyampaikan sugesti anda dalam cara yang pasien bisa menerima dan merasakannya sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi mereka.***

Lanjutkan: 4 Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Membuat Subjek Trance

0 comments: