| A.S. Laksana | Bagaimana cara anda menyuapi bayi dan memintanya membuka mulut? Anda membuka mulut anda ketika anda menginginkan bayi itu m...

Memanfaatkan Aktivitas Ideomotor untuk Mengatasi Rasa Sakit

7:00 AM A.S. Laksana 1 Comments

| A.S. Laksana |

Bagaimana cara anda menyuapi bayi dan memintanya membuka mulut? Anda membuka mulut anda ketika anda menginginkan bayi itu membuka mulutnya. Inilah gagasan tentang aktivitas motor. Anda mensugesti bayi, memberi ide agar ia membuka mulut, dengan cara anda membuka mulut anda.

Hal lain yang bisa dijadikan ilustrasi untuk aktivitas ideomotor ini adalah pengalaman anda duduk di belakang sopir. Pada suatu saat anda bisa secara otomatis menekankan kaki anda seolah-olah menginjak pedal rem ketika anda pikir sopir harus melakukan itu.

Milton Erickson menggunakan aktivitas ideomotor ini untuk mengatasi rasa sakit yang ia alami berkaitan dengan serangan polio yang melumpuhkannya. Dengan mengingat bagaimana dulu ia melakukan gerakan-gerakan—memanjat pohon, berlari di lapangan, bersalto, dan sebagainya—ia memberi gagasan pada bagian tubuhnya yang lumpuh tentang bagaimana ia dulu melakukan gerakan.

Pengalaman ini kemudian diterapkannya ketika ia membuat koreksi besar pada penderita polio yang kehilangan gerakannya. "Karena aku sendiri penderita polio dan aku tahu betapa nyeri sakitnya," katanya. "Dan aku memiliki pengalamanku sendiri untuk mengatasi rasa sakit itu."

Begitulah, ingatan anda akan membantu anda mengataasi rasa sakit. Ingatan anda juga akan meningkatkan rasa sakit dan penderitaan. Pada dasarnya, hipnosis tidak jauh-jauh amat dari pengalaman anda sendiri. Erickson menjadi yang terbesar karena ia jeli terhadap perilaku manusia, Dan ia bisa menjadikan pengalamannya sendiri sebagai sumberdaya untuk memahami manusia dan perilakunya.***

1 comment:

  1. apakah mba Milton sembuh dari polionya?
    jika hal itu benar, orang yang sakit mata (min,plus, silider dll) bisa disembuhkan dengan cara ini...
    tp sering kali kesulitannya adalah "lupa" apa yang dirasakan waktu sehat, krn sakitnya sudah lama....
    apakah mas Laksana ada solusinya?

    ReplyDelete