| A.S. Laksana | Perbedaan utama hipnosis Ericksonian dan yang lainnya terletak pada cara sugesti disampaikan. Secara umum Milton Erickson s...

Sugesti Langsung dan Sugesti tak Langsung

7:00 AM A.S. Laksana 0 Comments

| A.S. Laksana |

Perbedaan utama hipnosis Ericksonian dan yang lainnya terletak pada cara sugesti disampaikan. Secara umum Milton Erickson selalu menyampaikan sugesti dengan cara tak langsung. Sugesti langsung (direct suggestion) merangsang pikiran sadar dan membuatnya tertantang untuk mengevaluasi. Ketika anda mengatakan, “Tolong tutup jendela itu,” reaksi sadar pendengar anda adalah memilih antara setuju dan tidak setuju untuk melakukan apa yang anda minta.

Sugesti tak langsung (baca: Sugesti Terselubung) menyasar bawah sadar dan kurang membangkitkan evaluasi pikiran sadar. Ketika anda mengatakan, “Aku ingin tahu apakah kau bisa menutup jendela itu,” pikiran bawah sadar pendengar akan bereaksi untuk mendengarkan sugesti yang terkandung di dalamnya dan mengikutinya. Begitulah, seorang remaja bisa mengatakan, “Ya,” dan bangkit. Bagaimanapun, sebuah pernyataan, “Aku ingin tahu apakah kau bisa menutup jendela itu,” akan mendapatkan respons yang dikehendaki.

Sugesti langsung, sebaliknya, adalah jenis sugesti yang masuk ke dalam pikiran sadar dan akan membangkitkan perilaku sebagaimana yang disugestikan dengan syarat bahwa si penerima sugesti setuju pada sugesti tersebut dan memiliki kesanggupan untuk menjalankannya secara sukarela. Jika seseorang mensugesti, “Tolong tutup jendela itu,” maka kita akan menutupnya jika kita memiliki kesanggupan fisik untuk melakukannya dan jika kita setuju bahwa itu sugesti yang baik.

Seandainya pikiran sadar kita memiliki kapasitas semacam itu untuk menjalankan seluruh sugesti psikologis, secara ikhlas dan sukarela, maka psikoterapi akan menjadi urusan yang amatlah sepele. Terapis hanya perlu mensugesti pasiennya dengan mengatakan: “Singkirkan fobia anda sekarang juga agar hidup anda lebih nyaman,” atau “Sebaiknya anda menyelesaikan baik-baik masalah anda dengan atasan anda dengan cara seperti yang saya sarankan ini... bla...bla...bla...,” atau, nasihat yang tipikal, “Anda harus tawakal menghadapi semua ini...,” dan semua urusan langsung beres.

Persoalannya, hal semacam itu tidak akan terjadi, bukan?

Bacaan terkait: Sugesti, Perangkat Utama Hipnotis

0 comments: