| A.S. Laksana | Sugesti merupakan perangkat utama bagi seorang hipnotis. Dalam hipnosis, sugesti adalah pernyataan atau instruksi yang dibe...

Sugesti, Perangkat Utama Hipnotis

7:00 AM A.S. Laksana 0 Comments

| A.S. Laksana |

Sugesti merupakan perangkat utama bagi seorang hipnotis. Dalam hipnosis, sugesti adalah pernyataan atau instruksi yang diberikan sehingga nantinya subjek hipnosis akan merespons dengan tepat sebagaimana yang diinstruksikan oleh sang hipnotis. Misalnya, seorang hipnotis memberikan sugesti, ketika anda trance, bahwa tangan kiri anda mati rasa, dan anda menjalankan apa yang disugestikan itu, yakni menjadikan tangan anda benar-benar mati rasa. Atau anda disugesti untuk merasakan rileks sepenuhnya saat anda melihat diri anda berjalan di pasir pantai saat senja.

Dalam terapi, sugesti adalah alat yang digunakan untuk membantu anda memprogram ulang pikiran anda agar bisa merespons dalam cara yang lebih sehat. Dengan sugesti, seorang hipnotis menawarkan kepada anda cara pandang yang lebih konstruktif sehingga anda mendapatkan alternatif untuk mengganti cara pandang sebelumnya yang menimbulkan masalah. Atau ia memberi anda strategi-strategi untuk menemukan solusi bagi masalah anda. Atau ia bisa berupa instruksi tentang apa yang anda bisa lakukan untuk mendapatkan kenyamanan.

Dan anda mendengarkan sugesti-sugesti itu dalam keadaan trance, yakni kondisi yang diyakini sebagai sangat terbuka terhadap sugesti. Jika itu sugesti yang masuk akal dan aman untuk anda jalankan, anda bisa sepakat untuk melakukan perubahan yang tepat. Jika anda tidak sepakat dengan sugesti itu, anda bisa menolak berubah. Artinya, anda tetaplah memegang kendali atas diri anda sendiri.

Sugesti yang diberikan ketika subjek dalam keadaan trance dikenal dengan sebutan sugesti post-hypnotic, yakni sugesti untuk dijalankan nantinya ketika subjek sudah dibangunkan dari kondisi trance. Sebelum Erickson, khazanah hipnosis hanya didominasi oleh satu model pendekatan, yakni sugesti langsung (authoritarian style), sampai kemudian Erickson mengawali pola sugesti yang berbeda: sugesti tak langsung (permissive style).***

0 comments: