| A.S. Laksana | Seorang perempuan berusia 40-an menemui saya dengan berbagai simptom yang dideritanya. Ia mengidap migren, pembengkakan pad...

Teknik Induksi Surprise

3:13 AM A.S. Laksana 1 Comments

| A.S. Laksana |

Seorang perempuan berusia 40-an menemui saya dengan berbagai simptom yang dideritanya. Ia mengidap migren, pembengkakan pada limpa, dan ada masalah dengan keseimbangan tubuh, dan beberapa simptom lain.

Ia dan suaminya sudah berumah tangga selama 17 tahun. Sampai saat itu, kebanyakan ia bercerita tentang hubungannya yang begitu menyiksa dengan kedua orang tua suaminya. Menurutnya, kedua mertuanya selalu menyalahkan dia dan membandingkan dirinya dengan menantu perempuan mereka yang lain. Selain itu, dari ceritanya, saya mendapatkan informasi bahwa suaminya juga sering sakit-sakitan. “Ia sering jadi sasaran kemarahan saya,” katanya.

“Jadi kalian sudah berumah tangga 17 tahun dan sekarang kalian berdua sakit-sakitan,” kata saya. “Kenapa tidak bercerai saja?”

Ia memandangi saya dengan ekspresi kosong.

“Tujuh belas tahun berumah tangga dan kalian berdua makin bodoh dalam mengelola hubungan. Apakah kalian akan menghabiskan waktu untuk menjadi lebih bodoh lagi? Kautahu, segala sesuatu, apa saja, hanya patut dilanjutkan jika itu membuatmu lebih baik, lebih sehat, lebih produktif. Hal yang sama berlaku juga bagi suamimu.”

Ia masih diam dan tampak putus asa.

“Sekarang pejamkan matamu dan lihatlah rumah tangga kalian. Jika kau bisa melihat sesuatu yang baik di sana, lihatlah apa yang baik itu.... sesuatu yang membuatmu lebih sehat untuk meneruskan rumah tangga--itu pun jika ada satu saja hal baik pada rumah tangga kalian, yang akan membuat kalian lebih pintar dalam mengelola hubungan, dalam berkomunikasi. Tetapi aku tidak yakin kalian bisa berkomunikasi dengan baik, kecuali kau tahu caranya....”

Dengan cepat ia mengikuti sugesti yang saya sampaikan kepadanya. Itu menenteramkannya. Saran saya kepadanya untuk "bercerai saja" telah memberinya kejutan. Itu saran yang sama sekali tidak ia duga. Meskipun suatu ketika dalam benaknya mungkin pernah terpikir untuk mengakhiri rumah tangga, terutama di saat-saat ia berada di puncak keputusasaan menghadapi mertua atau menghadapi situasinya, namun bagaimanapun saran untuk bercerai tak pernah ia duga akan muncul dari orang lain. Dan apa yang tak terduga itu membuatnya gelagapan dan kosong sejenak, tak tahu harus apa, atau menanggapinya dengan cara bagaimana. Dan pada saat ia gelagapan itu saya menyusulkan sugesti bahwa “Kalian berdua sama-sama bodoh dalam mengelola hubungan.”

Ia tak bisa membantah itu, dan ketika ia tampak semakin kewalahan, saya memintanya memejamkan mata.

Anda tahu, apa-apa yang tak terduga akan menjadi kejutan bagi seseorang. Dan kejutan membuat pikiran sadar orang menjadi kosong (blank) sejenak. SItuasi seperti ini memungkinkan bagi terapis untuk menyodorkan gagasan, perilaku, atau sugesti baru dan menyusupkannya langsung ke pikiran bawah sadar.

Prinsip kejutan atau surprise adalah memunculkan situasi distraksi dan kebingungan pada pihak subjek yang menerima kejutan itu. Terapis dalam hal ini melakukan sesuatu yang tidak lazim atau tak terduga, yang menyebabkan distraksi atau kebingungan, yang membuat pasien mengembangkan kekosongan beberapa saat. Dalam konteks terapi, situasi blank beberapa saat ini bisa disebut sebagai momen kreatif. Inilah momen di mana terapis bisa leluasa menyusupkan sugesti, perilaku baru, atau gagasan yang akan mudah diterima oleh pasien.

Milton Erickson sangat ahli dalam mengembangkan kebingungan pada subjek atau pasiennya. Dengan beragam cara, verbal maupun non-verbal, ia bisa membuat subjek atau pasiennya kebingungan, sehingga satu-satunya yang bisa dilakukan adalah menunggu perintah darinya. Pada saat itulah sugesti untuk “tidur” atau memasuki kondisi “trance” dengan mudah dijalankan oleh subjeknya.

Catatan
Tulisan ini merupakan penggalan dari naskah berjudul Teknik-Teknik Induksi Surprise yang berisi seluruh prinsip dan strategi untuk menerapkan kejutan, baik verbal maupun non-verbal. Versi utuh dari tulisan ini saya sajikan sebagai materi dalam kursus online Ericksonian Hypnosis. Untuk melihat 106 materi lengkap yang disajikan dalam kursus tersebut, silakan klik Your Steps toward Becoming Ultimate Hypnotherapist. Anda bisa mencicipi “kelas percobaan” dengan mengikuti kursus online gratis 7 hari. Silakan.

1 comment:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    ReplyDelete