| A.S. Laksana | 11 Desember 2017 | Inti dari praktek Ericksonian Hypnosis adalah sugesti tidak langsung. Dan alat paling efektif untuk...

Memfokuskan Perhatian Subjek Hipnosis dengan Cerita

6:21 PM A.S. Laksana 0 Comments

| A.S. Laksana | 11 Desember 2017 |


Inti dari praktek Ericksonian Hypnosis adalah sugesti tidak langsung. Dan alat paling efektif untuk menyampaikan sugesti tidak langsung adalah cerita. Setiap orang menyukai cerita, sebab cerita membuat nyaman pikiran. Percakapan paling asyik di antara teman-teman kebanyakan adalah pertukaran cerita, bukan bertukar petuah atau nasihat atau khotbah.

Kita saling berbagi cerita dengan teman bicara kita, tentang apa saja, dan percakapan kita bisa berlangsung berjam-jam. Anda bisa lupa waktu jika bercakap-cakap dengan teman yang memiliki banyak cerita menarik.

Di samping itu memberikan kenyamanan, cerita juga akan secara otomatis menggiring perhatian pendengarnya untuk fokus ke arah topik yang sedang diceritakan.

Jika anda berniat mendalami Ericksonian Hypnosis, anda perlu melatih kecakapan bercerita. Bercerita apa saja. Ngawur tidak apa-apa, yang penting anda memiliki cerita untuk disampaikan. Melalui cerita, anda memfokuskan perhatian subjek ke arah yang anda inginkan.

Dan itu hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Misalkan anda ingin membuat seseorang memfokuskan perhatian pada masa kecilnya, anda bisa menceritakan teman-teman masa kecil anda sendiri. Mungkin anda ingin orang itu mengingat kejadian-kejadian dengan teman masa kecil yang paling mengganggu, anda bisa menceritakan teman masa kecil yang paling mengganggu. Anda bisa mengatakan: “Masa kecil bisa menyenangkan jika kita memiliki teman-teman yang menyenangkan. Tetapi, tidak semua teman menyenangkan. Ada teman masa kecil yang sangat nakal, sering membully teman-teman lain, dan sepertinya tidak bisa dilawan.”

Respons alami orang ketika mendengar ucapan seperti itu adalah mengingat teman-teman masa kecilnya, dan ketika ia mendengar tentang teman yang suka membully, ingatannya akan segera tergiring ke arah temannya sendiri yang suka membully.

Selanjutnya, untuk semakin memfokuskan perhatian, anda bisa mengajukan pertanyaan:

“Apakah kau juga memiliki teman seperti itu?”

“Ia juga pernah mengganggumu?”

“Kau ingat apa yang telah dilakukannya terhadapmu?”

“Kau tidak berani melawannya?”

“Ya, kebanyakan dari kita mengalami hal itu, dan kita tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika mengalami hal seperti itu.”

Ericksonian Hypnosis adalah hipnosis yang sangat nyaman, sebab ia dilakukan seperti orang bercakap-cakap dan berbagi cerita. Karena itu anda perlu melatih kefasihan menyampaikan cerita, sehingga anda sendiri bisa nyaman saat menyampaikannya, dan ketika anda sendiri merasa nyaman, subjek akan merasakan kenyamanan anda dan ia juga akan ikut merasa nyaman.

Kenyamanan subjek akan membuatnya lebih mudah memasuki kondisi trance.

0 comments: